Home » , , , , , » Istilah -istilah keamanan pada computer

Istilah -istilah keamanan pada computer


Komputer security


Bidang Keamanan Komputer secara terus menerus mengalami perkembangan luar biasa sebab teknologi informasi memiliki pengaruh yang semakin tinggi terhadap bagaimana kita bekerja,berkomunikasi berbelanja dan menikmati hiburan.Program online dalam Keamanan Komputer meliputi dua bidang spesialisasi utama.Pertama keamanan jaringan yang meliputi perlindungan jaringan IT dari para hacker, kehilangan data, pencurian identitas, virus dan jenis serangan malware lainnya.Program online yang mempersiapkan pesertanya untuk mendalami ini secara khusus mencakup pelajaran dalam bidang keamanan jaringan, cryptology (baca: ahli membaca kode),sistem operasi dan strategi pemakaian firewall .
Alumninya dapat diterima dalam posisi,seperti Spesialis Keamanan Jaringan,Analis Keamanan Teknologi Informasi dan Spesialis Firewall.Tanggung jawabnya bisa meliputi monitoring,evaluasi dan pemeliharaan akun log-on dan password pengguna jaringan, mengidentifikasi dan menangani ancaman,pelanggaran keamanan yang mungkin terjadi, serta menerapkan kebijakan keamanan komputer sebuah organisasi.Kedua,forensik komputer yang meliputi investigasi terhadap kejahatan internet,seperti pencurian identitas,penyalahgunaan hak milik orang lain,pornografi anak-anak di bawah umur dan pengintaian lewat internet.
Pesertanya mempelajari secara khusus dan mendalam masalah proses penemuan,pengumpulan dan analisis bukti-bukti digital dari berbagai sumber seperti hard drive komputer dan email, dan penyiapan bukti-bukti untuk melakukan penuntutan kejahatan komputer.Mata pelajarannya yang unik meliputi penggunaan alat-alat keamanan teknologi informasi dan latihan merencanakan, mendeteksi, merespon dan menyehatkan kembali segala kerusakan yang memerlukan bantuan forensik jaringan.



     1.2   Rumusan Masalah

       Rumusan masalah dari istilah-istilah keamanan komputer yaitu :

o   Menjelaskan Tentang  Keamanan Komputer
o   Menjelaskan Tentang  Istilah-istilah Keamanan Komputer


     1.3  Tujuan

Tujuan dalam penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah keamanan komputer serta dapat menambah pengetahuan mengenai keamanan pada komputer dan diharapkan bermanfaat bagi kita semua.

































BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Keamanan Komputer
Keamanan komputer adalah suatu cabang teknologi yang dikenal dengan nama keamanan informasi yang diterapkan pada komputer. Sasaran keamanan komputer antara lain adalah sebagai perlindungan informasi terhadap pencurian atau korupsi, atau pemeliharaan ketersediaan, seperti dijabarkan dalam kebijakan keamanan.

Keamanan komputer memberikan persyaratan terhadap komputer yang berbeda dari kebanyakan persyaratan sistem karena sering kali berbentuk pembatasan terhadap apa yang tidak boleh dilakukan komputer. Ini membuat keamanan komputer menjadi lebih menantang karena sudah cukup sulit untuk membuat program komputer melakukan segala apa yang sudah dirancang untuk dilakukan dengan benar. Persyaratan negatif juga sukar untuk dipenuhi dan membutuhkan pengujian mendalam untuk verifikasinya, yang tidak praktis bagi kebanyakan program komputer. Keamanan komputer memberikan strategi teknis untuk mengubah persyaratan negatif menjadi aturan positif yang dapat ditegakkan.

Pendekatan yang umum dilakukan untuk meningkatkan keamanan komputer antara lain adalah dengan membatasi akses fisik terhadap komputer, menerapkan mekanisme pada perangkat keras dan sistem operasi untuk keamanan komputer, serta membuat strategi pemrograman untuk menghasilkan program komputer yang dapat diandalkan.


2.2 Istilah-Istilah Keamanan Komputer

2.2.1    Hacker
adalah orang yang mempelajari, menganalisa, bahkan bisa membuat atau memodifikasi serta mengeksploitasi dari sistem yang ada di perangkat computer seperti perangkat lunak atau yang kita biasa sebut “software” dan perangkat keras “hardware”, administrasi dan lainnya terutama bagian dari keamanannya.
Para hacker memberikan sumbangan bermanfaat untuk dunia jaringan dan sistem   operasi, membuat program bantuan untuk dunia jaringan dan komputer.Hacker juga bisa di kategorikan perkerjaan yang dilakukan untuk mencari kelemahan suatu system dan memberikan ide atau pendapat yang bisa memperbaiki kelemahan system yang di temukannya.

·         Kerja hacker
Dalam suatu komunitas hacker, terdapat jenis – jenis keahlian yang berlainan, misalnya seorang algoritma hacker mampu memecahkan masalah dengan urutan perintah yang dengan mudah dikuasai olehnya.
Ada juga hacker yang ahli dalam sistem operasi komputer, hacker yang menguasai jaringan internet ataupun hacker yang memecahkan password, sandi, dan kode rahasia.
Selaain mampu menembus dan mengakses informasi yang tidak diizinkan, hacker juga mampu mencegah penyusup untuk mengotak – atik dan menyelidiki sistem mereka.
Meskipun beberapa hacker merugikan, namun ada juga hacker yang “bermain” dengan tujuan untuk mengetahui kapasitas dirinya tanpa melakukan sesuatu yang merugikan kepentingan umum. Ada juga hacker yang direkrut untuk bekerjasama dengan pemerintah.

·         Dampak Hacker
Ada hacker yang menembus sistem keamanan dengan tujuan untuk merusak data mencuri dokumen penting, mencuri software yang berlisensi, mencuri akun kartu kredit, dan aktivitas illegal lainnya. Oleh karena itu, pemerintah dan institusi penting harus beradaptasi dengan kasus kiminal berbasis kemajuan teknologi. Salah satu caranya adalah dengan merekrut hacker di pihak mereka. Selain itu juga, dengan mengadakan pelatihan agar para pegawai pemerintah tidak gagap teknologi.

                 2.2.2   Cracker
adalah sebutan untuk hacker yang masuk ke sistem orang lain, serta merusak sistem tersebut. Cracker lebih bersifat destruktif, biasanya di jaringan komputer, mem-bypass password atau lisensi program komputer, secara sengaja melawan keamanan komputer, mengubah halaman muka web milik orang lain, bahkan menghapus dan mencuri data orang lain. Umumnya mereka melakukan cracking untuk mendapatkan keuntungan, bermaksud jahat, atau karena sebab lain karena ada tantangan. Beberapa proses pembobolan dilakukan untuk menunjukkan kelemahan keamanan sistem.

·         Sisi negative pada cracker:
1.    Scanning yaitu mengetahui hal-hal dasar mengenai sistem yang digunakan, baik sistem operasi, sistem file, vulnerelability(Keamanan Data) dan sebagainya.

2.    Melakukan penyusupan ke sistem, hal ini terjadi jika ada kemungkinan folder yg dapat diakses dgn priviledge Read Write dan Execute oleh Public. Sehingga orang bisa meletakkan file di server dan selanjutnya mengeksekusinya. Kemungkinan kedua adalah dari lemahnya konfigurasi server.

3.     Menerobos password super user, bisa terjadi jika Point 2 sudah dapat dilakukan akan sangat mudah sekali.
4.    Selanjutnya mengubah data secara acak. yang dirusak adalah halaman untuk SMP X trus halaman ke 10. Cracker bekerja cepat agar tidak diketahui oleh administrator. Jika harus mikir-mikir dapat diketahui administrator.

5.    Melakukan DEFACE (penggantian halaman).

                 2.2.3    White Hat
     adalah hacker yang memfokuskan dirinya untuk melindungi sebuah system.
White Hat sangat bertentangan dengan Black Hat. White hat hacker adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada peretas yang secara etis menunjukkan suatu kelemahan dalam sebuah sistem komputer. White hat secara umum lebih memfokuskan aksinya kepada bagaimana melindungi sebuah sistem, dimana bertentangan dengan black hat yang lebih memfokuskan aksinya kepada bagaimana menerobos sistem tersebut. Topi putih atau peretas putih adalah pahlawan atau orang baik, terutama dalam bidang komputer, dimana ia menyebut etika hacker atau penetrasi penguji yang berfokus pada mengamankan dan melindungi IT system.
White hat juga dikenal sebagai "good hacker," adalah ahli keamanan komputer, yang berspesialisasi dalam penetrasi pengujian, dan pengujian metodologi lain, untuk memastikan bahwa perusahaan sistem informasi yang aman. Pakar keamanan ini dapat memanfaatkan berbagai metode untuk melaksanakan uji coba mereka, termasuk rekayasa sosial taktik, penggunaan alat-alat hacking, dan upaya untuk menghindari keamanan untuk mendapatkan masuk ke daerah aman.

                 2.2.4   Black Hat
adalah mengacu kepada cracker yang menerobos keamanan sistem komputer tanpa izin, umumnya dengan maksud untuk mengakses komputer-komputer yang terkoneksi ke jaringan tersebut.
Dalam penggunaan umum, seseorang yang menerobos masuk ke dalam komputer, biasanya dengan memperoleh akses ke kontrol administratif. Beberapa berpendapat bahwa hacker,digambarkan sebagai orang yang menerobos masuk ke dalam komputer dengan cara menerobos sistem keamanannya.di dunia ada komunitas hacker.komunitas hacker ini adalah komunitas orang yang memiliki minat besar dalam pemrograman komputer, sering menciptakan perangkat lunak open source. Orang-orang ini sekarang mengacu pada cyber-kriminal hacker sebagai "cracker".

                 2.2.5    Script Kiddies
adalah seseorang yang memiliki kemampuan kurang dalam dunia internet yang hanya bisa menggunakan tools orang lain untuk melakukan serangan terhadap jaringan internet.
Pada zaman sekarang ini menjadi seorang Script Kiddie tidaklah susah karena hanya dengan bermodal koneksi internet dan mengerti sedikit tentang komputer, Orang awam pun bisa menjadi seorang Script Kiddie karena hanya sedikit mempelajari tool-tools yang disebar di internet dan mempelajarinya maka kita bisa menjadi seorang Script Kiddie.
Script Kiddie dapat juga diartikan sebagai seseorang dengan niat buruk yang menggunakan program lain untuk menyerang sistem komputer atau pun melakukan deface pada website. Di sebut seorang script kiddie bukan lah sebuah kebanggaan, biasanya diasumsikan sebagai seorang anak (kid) yang kurang memiliki kemampuan untuk membuat tools sendiri dan biasanya hanya bertujuan untuk membuat sensasi. Cepat atau lambat tools yang digunakan Seorang script kiddie akan memberikan hasil scan dari sebuah sistem yang lemah yang nantinya dapat diserang dengan mudah, nah dari dasar itulah Seorang Script Kiddie menjadi ancaman, siapapun dapat menjadi target selanjutnya karena Script Kiddie tidak menentukan korban tetapi menggunakan hasil scan dari sebuah tools yang
mendeteksi kelemahan sebuah sistem.

                 2.2.6     Elite
Juga dikenal sebagai 3l33t, 3l337, 31337 atau kombinasi dari itu , adalah mereka yang mengerti semua seluk beluk mengenai dunia jaringan komputer; dan merupakan ujung tombak industri keamanan jaringan.
Mereka mengerti sistem operasi luar dalam, sanggup mengkonfigurasi & menyambungkan jaringan secara global. Sanggup melakukan pemrogramman setiap harinya. Mereka sangat terampil menggunakan pengetahuannya dengan tepat. Mereka diam - diam memasuki sistem tanpa diketahui, walaupun mereka tidak akan menghancurkan data-data. Karena mereka selalu mengikuti peraturan yang ada.

                 2.2.7    Vulnerable
adalah suatu kelemahan yang memungkinkan seseorang untuk masuk dan mendapatkan hak akses ke dalam komputer yang dituju(target).
Biasanya vulnerability adalah kelemahan yang dikarenakan kesalahan setting ataupun ataupun ketidaktahuan administrator, sehingga sistem tersebut memiliki Bug, sehingga rentan terhadap serangan hacking.
Vulnerable juga diartikan suatu kelemahan yang mengancam nilai integrity, confidentiality dan availability dari suatu asset. Vulnerability tidak hanya berupa software bugs atau kelemahan security jaringan. Namun kelemahan seperti pegawai yang tidak ditraining, dokumentasi yang tidak tersedia maupun prosedur yang tidak dijalankan dengan benar.
Contoh : MySQL IF Query DoS ( SA25188 )
Bug ini akan membuat mysql server menjadi crash hanya dengan mengirim sql khusus yang mengandung fungsi IF() contohnya: “SELECT id from example WHERE id IN(1, (SELECT IF(1=0,1,2/0)))”. Ini juga jenis serangan “one shot one kill”.

                 2.2.8   Security Hole
adalah jaringan yang berlubang yang dapat ditembus oleh hacker.
Terhubungnya LAN atau komputer ke Internet membuka potensi adanya lubang keamanan lain (security hole) yang tadinya telah teratasi dengan mekanisme keamanan secara fisik dan lokal. Jaringan, terutama internet, merupakan sebuah jaringan komputer yang sangat terbuka di dunia. Konsekuensi yang harus di tanggung adalah tidak ada jaminan keamanan bagi jaringan yang terkait ke internet. Artinya jika operator jaringan tidak hati-hati dalam men-set up sistem dan menerapkan policy-nya, maka kemungkinan besar jaringan yang terkait ke Internet akan dengan mudah dimasuki orang yang tidak di undang dari luar.
Merupakan tugas dari administrator jaringan yang bersangkutan, untuk menekan resiko tersebut seminimal mungkin. Pemilihan strategi dan kecakapan administrator jaringan ini, akan sangat membedakan dan menentukan apakah suatu jaringan mudah ditembus atau tidak.
Yang perlu untuk diketahui adalah bahwa kemudahan (kenyamanan) mengakses informasi berbanding terbalik dengan tingkat keamanan sistem informasi itu sendiri. Semakin tinggi tingkat keamanan.
semakin sulit (tidak nyaman) untuk mengakses informasi. Sebelum memulai segalanya, ada baiknya menentukan terlebih dahulu tingkat ancaman yang harus diatasi dan resiko yang harus diambil maupun resiko yang harus dihindari, sehingga dapat dicapai keseimbangan yamg optimal antara keamanan dan kenyamanan.

                 2.2.9      Bug
adalah suatu kesalahan atau cacat pada sebuah software atau hardware yang menyebabkan software atau hardware tersebut tidak jalan sebagaimana mestinya.
Software maupun hardware buatan manusia, tidak ada yang sempurna. Pastilah memiliki kesalahan atau cacat yang menyebabkan software ataupun hardware tersebut tidak berjalan normal. Sebuah software, bila memiliki Bug, pastinya akan selalu diperbaiki. Tapi, mungkin dari suatu perbaikan tersebut masih kurang sempurna. Malah, bisa menyebabkan suatu kesalahan lain. Setidaknya, perbaikan dari sebuah Bug pastilah membuat software maupun hardware menjadi lebih baik.
Bug merupakan sebuah kenyataan dalam bidang Teknologi Informasi. Bug ini menjelaskan mengapa dalam daur hidup pengembangan sistem, biaya pengujian lebih mahal dari pada biaya pemrograman. Bug-bug tersebut juga memperlihatkan suatu tingkatan dimana risiko teknologi merupakan risiko bisnis juga.
Contoh bugs pada bentuk toko sistem : Index CGI
Ketik keyword google : allinurl:/store/index.cgi/page=
Contoh target : http://www.Target.com/cgi-bin/store/…short_blue.htm
Hapus short_blue.htm dan ganti dengan :./admin/files/order.log
Hasilnya:http://www.Target.com/cgi-bin/store/…iles/order.log

                 2.2.10     Exploit (Local, Remote)
adalah sebuah kode yang menyerang keamanan komputer secara spesifik.
Exploit banyak digunakan untuk penentrasi baik secara legal ataupun ilegal untuk mencari kelemahan(Vulnerability) pada komputer tujuan. Biasanya exploit mencari kelemahan dari variabel null ataupun variabel yang tidak terdefinisi untuk dimasukkan nilai lain sehingga terjadi error dan tidak membaca prosedur program seperti seharusnya, sehingga shellcode dapat dimasukkan untuk melaksanakan perintah atau command lainnya. Exploit biasa disisipi dengan shellcode.
Remote exploit adalah teknik exploitasi yang dilakukan secara remote melalui jaringan.  Exploit jenis ini biasanya menyerang server/daemon yang sedang “LISTEN” di port tertentu. Perbedaan utama antara local exploit dan remote exploit adalah pada kondisi awalnya. Pada local exploit, sejak awal attacker sudah memiliki shell access baik melalui ssh, telnet atau remote desktop connection, namun dengan hak akses terbatas (sebagai normal user). Sedangkan pada remote exploit, kondisi awal attacker adalah tidak memiliki akses shell. Akses shell yang saya maksud adalah kemampun untuk execute suatu file executable.
Local Exploit, adalah program/eksploit yang jika dijalankan pada mesin atau target yang telah dijebol sebelumnya dengan sasaran server itu sendiri yang akan mengakibatkan kita akan mendapatkan root shell di mesin/server sasaran yang berarti kita mempunyai akses root dimesin (hak akses yang terbatas lalu menjadi tidak terbatas).

                 2.2.11   Logical Bomb
Merupakan Salah satu program jahat yang ditempelkan pada program komputer agar memeriksa suatu kumpulan kondisi di sistem. Ketika kondisi-kondisi yang dimaksud ditemui, logik mengeksekusi suatu fungsi yang menghasilkan aksi-aksi tak diotorisasi.
Logic bomb menempel pada suatu program resmi yang diset meledak ketika kondisi-kondisi tertentu dipenuhi. Contoh kondisi-kondisi untuk memicu logic bomb adalah ada atau tidak adanya file tertentu, hari tertentu dari minggu atau tanggal, atau pemakai menjalankan aplikasi tertentu. Begitu terpicu, bomb mengubah atau menghapus data atau seluruh file, menyebabkan mesin berhenti, atau mengerjakan perusakan lain.
Beberapa contoh Logic Bomb pernah dicatat. Karena dendam, seseorang programer sistem yang membuat program gaji memutuskan untuk menjamin kelangsungan kerjanya dengan menambah sederetan perintah yang memeriksa, apakah namanya ada atau tidak dalam file daftar karyawan. Jika ketemu, tak akan terjadi apa-apa. Tapi, jika tak ketemu, karena namanya dihapus (dipecat) misalnya, file akan dihapus dan kerusakan lain dapat terjadi.Akhirnya memang dia berhenti bekerja di perusahaan itu dan logic bomb bekerja untuk menghancurkan data.Hanya jika majikan ingin menerimanya kembali,ia akan membuang logic bomb dari program. Ironisnya, ia tak dapat dituntut.
Logic Bomb sering terdapat dalam virus, ia melakukan aksinya hanya jika suatu kondisi terpenuhi. Selang waktu Logic Bomb pada virus memungkinkan virus menular tanda disadari dan tampilnya efek samping setelah menular kemana-mana.

                 2.2.12      Penetration Testing
Merupakan uji coba yang melakukan verifikasi dari mekanisme perlindungan yang dibuat oleh sistem, melindungi dari hal-hal yang mungkin terjadi.
Adapun tahapan penetration testing, adalah:
     ·      Reconnaissance
Yaitu tahap seorang Hacker dalam mengumpulkan data sebanyak banyaknya tentang Target/Sasaran.Data apa saja yang diperlukan,baik dari tanggal lahir, nomor rumah,nama istri atau suami atau anak, hobi, plat kendaraan,dll.
Reconnaissance dibagi menjadi 2, yaitu Active Reconnaissance dan Passive Reconnaissance. Active Reconnaissance adalah pengumpulan data dengan cara bertatap muka langsung atau berhubungan langsung dengan Target/Sasaran, sedangkan Passive Reconnaissance adalah menggunakan media informasi seperti berita, internet, dll.
     ·      Scanning
Scanning adalah Tahap dimana hacker mulai melakukan serangan. Dalam tahap scanning ini, hacker akan mencari kelemahan pada target/korban. Metode ini biasanya menggunakan Tools Tools, namun tidak menutup kemungkinan metode ini dilakukan dengan cara manual, intinya metode scanning ini dilakukan untuk mencari kelemahan pada Target/Sasaran.
     ·      Gaining Access
Dalam tahapan Gaining Access, hacker akan melakukan penentrasi kedalam komputer/system target. Tentunya ini dilakukan setelah mendapatkan informasi kelemahan pada Target/Sasaran pada tahap Scanning. Pada tahap ini, hacker biasanya menggunakan Tools untuk penentrasi atau ada juga yang melakukannya dengan cara manual.

     ·      Maintenance Access
Setelah mendapatkan akses ke komputer/system target, biasanya Hacker ingin tetap menguasai komputer/system target. Misalkan ketika sang Administrator mengganti semua password user, sang Hacker tidak ingin kehilangan kontrol dengan menanam backdoor, rootkit, trojan, dan lain lain untuk tetap mempertahankan kontrolnya pada Target/Sasaran.
     ·      Covering Tracks
Hukuman kepada pelaku kejahatan dunia maya memiliki hukum yang jelas, oleh karena itu seorang Hacker tidak ingin dimasukkan kedalam penjara karena perbuatannya. Pada tahap ini, seorang Hacker harus menghapus jejaknya sehingga aktivitasnya tidak diketahui dan juga keberadaannya tidak dapat dilacak dengan mudah. Salah satu yang harus dilakukan untuk menghapus jejak adalah dengan menghapus Log File

                 2.1.3  Web Deface
Deface adalah kegiatan mengganti atau pun merubah tampilan halaman depan sebuah situs, dan tentunya proses tersebut dilakukan dengan memanfaatkan kelemahan yang ada pada sebuah situs yang ditargetkan. 
Kegiatan Deface dilakukan oleh orang lain lain tanpa izin dari admin web tersebut (ilegal). Deface lebih sering dilakukan oleh para hacker hanya untuk iseng saja demi mendapatkan pengakuan prestasi dari Defacer lain, atau juga untuk memutuskan akses menuju website tersebut dengan mengubah tampilannya. 
Deface juga dapat menjadi kegiatan yang positif untuk mengingatkan admin bahwa sistem keamanan website trsebut lemah, atau juga menghentikan akses pengguna internet pada situs yg berisi konten negatif. 




BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Dari sedikit contoh permasalahan atau dampak negatif dari internet yang dimuat pada makalah ini memberikan bukti bahwa internet tidak selalu memberikan dampak positif saja, akan tetapi juga memberikan dampak negatif  bagi para penggunanya. Kejahatan komputer akan terus meningkat seiring dengan perkembangnya ilmu teknologi dan pengetahuan, yang dimana kejahatan komputer  akan semakin meningkat disebabkan oleh beberapa faktor seperti :
1.    Aplikasi bisnis berbasis TI dan jaringan komputer meningkat : online banking, e-commerce, Electronic data Interchange (EDI).
2.    Desentralisasi server.
3.    Transisi dari single vendor ke multi vendor.
4.    Meningkatnya kemampuan pemakai (user).
5.    Kesulitan penegak hukum dan belum adanya ketentuan yang pasti.
6.    Semakin kompleksnya system yang digunakan, semakin besarnya source code program yang digunakan.
7.     Berhubungan dengan internet.


3.2 Saran
Oleh karena hal-hal berikut maka sistem penanggulangan kejahatan sangatlah diperlukan untuk keamanan dan kenyamanan bagi semua pengakses internet. Selain untuk menjaga data-data dari perusakan, pencurian maupun pembajakan, sistem penanggulangan kejahatan juga berfungsi sebagai dinding pengawas dari penyusup untuk melakukan tindakan kriminal dalam dunia maya (cybercrime). Untuk itu maka setiap user atau instansi yang menggunakan fasilitas internet sebaiknya melengkapi jaringan komputernya dengan sistem-sistem penanggulangan kejahatan dunia maya atau sistem keamanan komputer untuk mengantisipasi dampak-dampak negatif dari internet dan juga untuk menghindari tindak kejahatan dalam dunia maya.


Daftar Pustaka
Purbo, ondo w. dan Tony Wiharijo,2000,Buku Pintar Internet Keamanan Jaringan Internet.(Jakarta : Elex Media Komputindo).
Raharjo, agus,2002,CYBERCRIME: Pemahanan dan upaya pencegahan kejahatan berteknologi.(Jakarta : Citra Abadi Aditya).


0 komentar:

Post a Comment

Ads Inside Post