Home » » Makalah Teknologi dan kelangsungan hidup manusia

Makalah Teknologi dan kelangsungan hidup manusia

Teknologi
 dan
 kelangsungan hidup manusia 
D
I
S
U
S
U
N
Oleh:

Kelompok : 5
Mona Malahayati
Filza Rahezda
Rita Rahmalia



unigha
unighaunigha


FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JABAL GHAFUR
GLEGAPUI, SIGLI

2014






BAB I
PENDAHULUAN

1.1        Latar Belakang

Telah menjadi kesepakatan para ahli ilmu pengetahuan, Masalah Ilmu Pengetahuan sangat kompleks, sehingga memaksa para ilmuwan untuk bekerja keras agar dapat mendefinisikan sesuatu hal dengan tepat. Dan memaksa kami untuk bisa memaparkan Dampak positif maupun negative dari perkembangan Ilmu Pengetahuan Manusia atau Teknologi tersebut.
Karena seiring waktu perkembangan Ilmu Pengetahuan Manusia mempunyai pengaruh yang besar terhadap perkembangan teknologi. Pada hakikatnya, teknologi merupakan alat untuk membantu manusia dalam mencapai tujuan secara ilmiah. Semakin besar teknologi yang diciptakan dan dikembangkan semakin besar Upaya berupa polusi dan pencemaran yang dihasilkan. Hal ini terjadi karena tidak ada penanganan yang tepat serta penggunaan teknologi yang baik.
            Tetapi walau bagaimana pun perkembangan teknologi yang semakin maju dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang yang dapat membantu kehidupan manusia.

1.2       Rumusan Masalah
·         Pengertian Teknologi
·         Perkembangan Teknologi terhadap kehidupan sosial
ü  Hubungan Teknologi dengan kehidupan sosial
ü  Peranan terhadap pencapaiyan kemakmuran dan perluasan kemudahan
ü  Peranan terhadap pendayagunaan sumber daya alam ( SDA )
ü  Peranan teknologi terhadap transportasi dan komunikasi
ü  Peranan teknologi terhadap peningkatan kesehatan
ü  Peranan teknologi terhadap sumber daya manusia ( SDM )
ü  Re-evaluasi peranan Teknologi dalam kehidupan manusia
ü  Teknologi dan kelangsungan hidup


BAB II
PEMBAHASAN
2.1       Pengertian Teknologi
Teknologi merupakan perkembangan suatu media atau alat yang dapat digunakan dengan lebih efisien guna memproses serta mengendalikan suatu masalah. Sebagian dari kita beranggapan teknologi adalah barang atau sesuatu yang baru. Padahal, kalau kita membaca sejarah, teknologi itu telah berumur sangat panjang dan merupakan suatu gejala kontemporer. Setiap zaman memiliki teknologinya sendiri.

2.2       Perkembangan Teknologi terhadap kehidupan social

2.2.1    Hubungan Teknologi terhadap Kehidupan Manusia / sosial.

Hubungan antara manusia dan teknologi sangat erat sekali, karena teknologi telah memberikan sumbangan besar bagi kehidupan manusia. Seperti dalam bidang transportasi, komunikasi, dan lain sebagainya. Dari sinilah mengapa banyak orang yang menyatakan bahwa hidup di zaman modern ini sulit dipisahkan dengan yang namanya teknologi. Itu karena hidup mereka sudah bergantung dan mengandalkan pada teknologi. Oleh karena itu, kita sebagai manusia tidak harus bergantung pada teknologi, karena apabila kita bergantung dan tergila-gila pada teknologi atau prestasi material, dan lalu menggunakan Simber Daya Alam (SDA) secara  tidak terkontrol dan mengabaikan penyakit kehidupan masa depan. Tanpa disadari teknologi yang telah diciptakan oleh sains modern, secara tidak langsung menjadi alat penghancur bagi kehidupan manusia, baik kehidupan sosial mereka maupun kehidupan mereka sebagai bagian dari alam semesta.

2.2.2    Peranan terhadap pencapaiyan kemakmuran dan perluasan kemudahan
1. Dampak positif Dalam Upaya Pemenuhan Kebutuhan Manusia
a) Perkembangan Teknologi dapat mendatangkan kemakmuran materi sehingga timbullah cabang ilmu pengetahuan baru antara lain :
teknik moderen yang terdiri dari teknik penerbangan,teknik kimia,teknik sipil,teknik nucleur,teknik listrik,teknik mekanik.
- teknologi hutan
- teknologi gedung
- matalurgi
- teknologi transportasi dll.
            Dengan menggunakan cabang-cabang ilmu pengetahuan baru tersebut kita dapat memperoleh hasilnya. misal :
-Penggunaan teknik kimia,orang dapat mendirikan  industri kimia dasar yang dapat        menghasilkan bahan-bahan dasar untuk keperluan industri lain seperti asam sulfat, asam nitrat, asam klorida, asam cuka dll.
-Penggunaan teknik nucleur. orang dapat membuat reactor nucleur yang dapat menghasilkan zat-zat radio aktif, dimana zat-zat ini dapat dimanfaatkan untuk maksud-maksud damai.
-Penggunaan teknik mekanik,manusia dapat membuat  desain dan  pembuatan bermacam-macam mesin.
-Penggunaan teknik penerbangan.
-Penggunaan teknik hutan.
Menurut fungsinya hutan di bagi menjadi:
1. Hutan lindung
2. Hutan produksi
3. Hutan suaka alam
4. Hutan wisata
Menurut formasinya hutan dibagi menjadi :
1. Hutan pantai
2. Hutan payau
3. Hutan rawa gambut
4. Hutan musim
5. Penggunaan cabang metallurgi ( Penetrapan KIMIA dan FISIKA ).
b) Perkembangan Teknologi dapat mendatangkan kemudahan  hidup :
-Dapat mengendalikan aliran air sungai,dengan membuat  bendungan, saluran primer dan saluran sekunder.
-Dapat dibuat bermacam-macam media pendidikan  seperti  OHP,Slide,Film strip,TV dll, yang dapat mempermudah para pendidik dalam melaksanakan  tugasnya.
-Dapat membuat bermacam-macam alat transportasi
2. Dampak negatif Yang Menyulitkan Pengendalian Diri
(a). Kurang adanya hubungan yang serasi antara sistem produksi,sistem ekonomi,  dan sistem ekologi sehingga dalam memproduksi hanya berpedoman pada system ekonomi, tanpa memperhatikan system ekologi.
(b). Upaya manusia menaklukan alam melalui sains dan teknologi yang semula  bertujuan untuk menyejahterakan kehidupan manusia, membuat kehidupan dibumi semakin nyaman, ternyata mengakibatkan pemusatan kekuasaan terhadap alam pada sejumlah kecil manusia dibumi.
(c) .Saling curiga antara kelompok-kelompok mengakibatkan masing-masing kelompok / negara berUpaya mempersiapkan diri menghadapi segala  kemungkinan kurang menguntungkan dirinya. Hingga saat ini menumpuklah beraneka ragam senjata pemusnah yang sebenarnya dapat mengancam peradaban manusia di bumi itu sendiri,bila sampai terjadi perang total.

2.2.3 Peranan terhadap pendayagunaan sumber daya alam
            1) Dampak positif Tentang Keberhasilan Manusia
Minyak bumi pada saat ini masih merupakan sumber daya alam yang  paling utama Untuk memenuhi kebutuhan energi dunia. Minyak bumi itu berasal  dari fosil yang terbentuk secara alamiah dalam proses jutaan tahun lamanya yang jumlahnya juga terbatas. Pada suatu saat minyak bumi akan habis. Maka  demi kelestarian kehidupan di muka bumi, orang harus segera mencari gantinya. alternatif pengganti minyak bumi itu akan diuraikan pada bagian ini. Dan yang perlu diketahui adalah Dampak negatifnya, yaitu hasil pembakaran minyak bumi itu berupa gas-gas oksida, antara lain karbondioksida yang berguna untuk fotosintesis (pembentukan zat gula atau pati pada tanaman berhijau daun dengan bantuan matahari ) dan gas karbon monoksida yang bersifat sangat beracun, yang mengakibatkan orang menjadi sesak napas.
1.  Pemanfaatan Pengembangan Teknologi Dapat untuk Menaikan Kuantitas suatu Produksi, Misalnya : Dibidang Pertanian dan dibidang industri.
2. Pengembangan Teknologi Dapat Menaikan Kualitas/Mutu Produksi.
Contoh :
- Pada pengolahan minyak bumi, yang semula kita mengenal bensin, sekarang kita mengenal premium dimana premium dikatakan lebih baik karena mempunyai nilai oktan yang lebih tinggi sehingga tidak mudah  cepat  merussak alat atau mesin yang menggunakan bahan bakar tersebut.
3. Pengolahan Sumber Daya Alam Yang effektif dan Effisien Dapat  Menambah Ragam Produksi.
            2) Upaya negative meningkatkan Keborosan menimbulkan pencemaran dan Limbah. Timbulnya pencemaran lingkungan. Pencemaran (polusi) ialah adanya  suatu organisme atau unsure lain kedalam suatu sumber daya misalnya :
Air, udara atau tanah, dalam kadar yang mengganggu kegunaan sumber daya itu. Hal ini sebagian besar karena kurang kesadaran kurang tanggung jawabnya para pemakai teknologi tersebut. Pencemaran (polusi) suara ialah setiap sumber suara yang melebihi kekerasan 65 db.(desi-bel).
10 db. Bunyi pernafasan 100 db. buyi musik Klub malam
30 db. Berbisik
60 db. Percakapan sehari-hari
120 db. Pesawat jet,175 db pesawat luar angkasa.
Polusi suara dapat menyababkan :
- Ketulian
- Kelelahan jasmani
- Kelelahan rohani

            Sumber daya adalah unsur lingkungan hidup yang terdiri atas sumber daya manusia, sumber daya alam hayati, sumber daya alam non hayati dan sumber buatan.
Kalau dikelompokkan pada dasarnya sumber daya alam dapat dibagi menjadi :
a. Sumber daya manusia, dimana tercakup kuantitas, kualitas pengetahuan keterampilandan kebudayaannya juga sarana dan lembaga suadaya masyarakat.
b. Sumber daya fisik (sumber daya alam dan buatan), dapat di bedakan :
- sumber alam hayati,yang terdiri dari flora dan fauna.
- sumber alam non hayati, meliputi tanah, air, udara, mineral.
- sumber daya strategis, iklim, energi matahari.
2.2.4. Peranan teknologi terhadap transportasi dan komunikasi
            1) Dampak positif dalam rangka keberhasilan manusia
Perkembangan Teknologi telah dapat merubah system transportasi  dan Komonikasi dalam kehidupan manusia yaitu :
a. Untuk transportasi di darat.
            contoh : sepeda motor, mobil, bis, truck dan kereta api.
b. Untuk tranportasi laut.
            Contoh : kapal laut DLL.
c. Untuk transportasi udara.
            contoh : pesawat terbang
d. Untuk komunikasi.
            Contoh : radio, TV, tape recorder, telex, radar, CB, satelit komunikasi Dll.

            2) Dampak negatif
a. Pencemaran suara (kebisingan) dan pencemaran udara, yang dapat mengakibatkan kontruksi alatnya maupun karena ulah orang-orang yang kurang bertanggung jawab dalam menggunakan alat-alat tersebut.

b. Untuk mengurangi pencemaran udara akibat  pembakaran tidak sempurna,dalam tempat pembakaran dipasang pengubah katalitik seperti platina. Tetapi tidak dapat  digunakan untuk besi bertimbal, sebab timbale ini dapat meracuni platina. Untuk itu, untuk menaikan angka oktana dapat di tambahkan : Benzena, fenol, t-butil alcohol,  butil metileter, sebagai pengganti T E L  ( tetra etillead )

c. Adanya perubahan alam yang tidak estetis  Asap yang di keluarkan oleh kendaraan bermotor akan bercampur dengan debu / abu yang berterbangan di udara, hal ini akan merangsang terbentuknya oksigen nitrogen di udara, sehingga terbentuklah awan / kabut kecoklatan. Kabut kecoklatan ini akan mengganggu pandangan bagi orang-orang yang ingin menikmati ke indahan alam. Segala kenyaman yang di nikmati manusia yang memanfaatkan transportasi akan di ikuti Dampak negatifnya.

2.2.5 Peranan teknologi terhadap peningkatan kesehatan
            1. Dampak positif dalam Upaya Manusia Memberatkan Penyakit Menular
a. Perkembangan Teknologi dapat meningkatkan Ilmu dan Fasilitas Di bidang Kedokteran,  salah satunya yaitu :
Pelayanan baru hasil kemajuan Teknologi, contoh :
1. Pencangkokan jantung
2. pencucian darah
3. penggantian kornea mata
4. pemasangan alat pacu jantung
b. Perkembangan Teknologi Dapat  Meningkatkan Teknologi Obat – obatan Kemajuan teknologi dibidang ke Dokteran sejalan dengan kemajuan teknologi di bidang obat  – obatan, karena ke dua bidang  tersebut tidak dapat di pisahkan.  Pengobatan dengan tranfusi darah merupakan hasil penelitian seorang ahli pathologi tahun 1910 yang menggolongkan darah manusia menjadi golongan A,B,AB dan O,dari hasil penelitiannya lebih lanjut beliau menemukan factor RH darah.
c. Perkembangan Teknologi Dapat Untuk Memberantas Penyakit Menular.
Upaya Pencegahannya yaitu :
- diadakan teknologi pengolahan air untuk mendapatkan air bersih bagi masyarakat
- menjaga kebersihan lingkungan pemukiman
- mengadakan imunisasi terhadap penyakit menular
- melalui media hasil teknologi maju, di berikan penjelasan mengenai  penyebab, akibat dan cara pencegahan dari penyakit menular untuk mempertinggi kesadaran masyarakat akan pentingnya pengetahuan mengenai penyakit menular agar dapat terhindar dari penyakit tersebut.
2. Dampak negatif Secara Tidak Langsung Membantu Timbulnya Penyakit tertentu kemajuan Teknologi tidak terlepas dari Dampak negatif, yaitu timbulnya penyakit  – penyakit tertentu, baik langsung maupun tidak langsung bahkan untuk sementara ada yang masih dugaan.
- Timbulnya tenyakit asbestos yang diderita oleh karyawan pabrik asbes. Penyakit Asbesros diduga disebabkan karena didalam pabrik asbes banyak berterbangan debu yang menggandung oksida silicon.
- Timbulnya penyakit yang di sebut Teologi (kelainan bentuk) ,misalnya karena pengaruh obat penenang (Thalidomid) yang diminum seorang ibu waktu mengandung,maka setelah lahir anaknya menderita kelainan pada tubuhnya.

2.2.6 Peranan teknologi terhadap sumberdaya manusia
            1) Dampak positif
a. Perkembangan Teknologi dapat membuka lapangan pekerjaan baru, dimana sumber daya manusia dapat berperan,baik tenanga maupun fikiran.
b. Perkembangan Teknologi dapat menaikan kualitas sumber daya manusia (keterampilan dan kecerdasan manusia).

            2) Dampak negatif
Pemanfaatan perkembangan Teknologi yang tidak / kurang tepat bagi kondisi masyarakatnya tidak menambahkan lapangan pekerjaan, tetapi justru sebaliknya, dapat mempersempit lapangan pekerjaan.
Pengembangan teknologi yang mengatur prilaku manusia mengakibatkan
munculnya masalah – masalah etis sbb :
a. Penemuan teknologi yang mengatur prilaku ini menyebabkan kemampuan prilaku seseorang berubah dengan operasi dan manipulasi dalam susunan syaraf otak.
b. Pemahaman “njimet” tingkah laku manusia demi tujuan ekonomis,untung lebih banyak,menyebabkan penggunaan media (radio/tv) untuk mengatur kelakuan manusia.
c. Behavior control memunculkan masalh etis bila kelakuan seseorang dikontrol oleh teknologi dan bukan oleh manusia itu sendiri.

2.2.7 Re-evluasi peranan Teknologi dalam kehidupan manusia
Unit-unit kehidupan kita ternyata berbeda-beda, baik tempat yang satu ketempat yang lain. Kehidupan yang terdapat di air akan berbeda dengan kehidupan yang terdapat didaratan. kehidupan yang terdapat disungai akan ber dilautanbeda dengan kehidupan yang terdapat di lautan. Perbedaan-perbedaan tersebut dapat berupa perbedaan jenisnya. jumlahnya dan makhluk hidup yang ada.
a. Ditinjau dari segi makanan, ekosistem dibedakan menjadi :
1. Komponen  AUTOTROF, adalh komponen ekosistem yang mapu membuat makanannya sendiri dari bahan-bahan anorganik sederhana.
2. Komponen  HETEROTROF,adalah komponen ekosistem yang makanannya tergantung pada makhluk hidup yang lain.

b. Menurut ekosistem dapat dibedakan menjadi 2 komponen yaitu :
1. Komponen  ABIOTIK , adalah komponen ekosistem yang terdiri dari bahan kehidupan.
Contoh : tanah, air, udara, cahaya, zat organic dan anorganik.
2. Komponen atau fotogrof adalah golongan makhluk hidup yang dalam ekosistem berfungsi sebagai pemakai zat-zat makanan yang telah jadi.
DECOMPOSER atau SAPOTROF adalah golongan makhluk hidup yang dalm ekosistemnya mempunyai peranan penting untuk menguraikan kembali zat-zat organik kompleks dari makhluk-makhluk yang telah mati, menjadi zat-zat organic sederhana dan dikembalikan ke dalam lingkungan analisa Upaya lingkungan merupakan hasil studi mengenai suatu kegiatan yang direncanakan terhadap keputusan. langkah-langkahnya yaitu :
1. Pembentukan tim
2. Penetapan metode
3. Membuat karangan acuan
4. Pengumpulan data
5. Penulisan laporan.
            Kita telah mempelajari Dampak positif maupun dan Upaya negative dari adanya perkembangan Teknologi terhadap kehidupan manusia dan lingkungannya. Dampak negatifnya ternyata akan mengganggu keseimbangan ekosistem.
Upaya-Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah,mengurangi / menekankan adanya Dampak negatif dari perkembangan Teknologi, misalnya :
1. Didalam mengembangkan teknologi harus memperhatikan azaz ekosistem
2. Selalu mengadakan monitoring
3. Di dalam merencanakan penggunaan dan pengembangan teknologi
4. Mengembangkan teknologi proteksi
5. Mengembangkan teknologi daur ulang
6. Mengembangkan teknologi tepat guna
Cirri-ciri nya yaitu :
- Mudah dilaksanakan / bersifat sederhana
- Bermanfaat bagi banyak orang
- Dapat meningkatkan nilai suatu sumber daya alam
- Dapat mendukung teknologi di bidang lain
- Sebai contoh penggunaan teknologi bio gas.

2.2.8 Teknologi dan kelangsungan hidup
            1. Upaya mencari sumber daya alam non konvensional
a. Energi Matahari
Matahari merupakan sumber energi yang tak habishabisnya. Adapun pilihan perubahan antara energi ini adalah mengubah energi cahaya menjadi energi listrik atau energi panas. Perubahan  energi cahaya menjadi energi listrik dilakukan dengan memasang fotosel yang dikenai cahaya.Fotosel adalah sel pembangkit listrik. Sedang listrik itu sendiri adalah aliran electron, sehingga sel ini harus mempunyai sifat menghasilkan electron bila dikenai cahaya. Sel semacam ini serupa dengan transistor jenis n-p.
b. energi panas bumi
Energi panas bumi disebut juga energi GEOTHERMAL yang dimanfaatkan sekarang ini adalah panas bumi yang berasal dari magma. Magma adalah bantuan cairan  / panas yang terdapat didalam / kerak bumi. Karena pengaruh geseran kerak bumi / karena tekanan, magma dapat merembes kepermukaan bumi dan di sebut lava. Lava inilah yang membentuk gunung-gunung di permukaan bumi.
c. energi angin
Angin adalah udara yang bergerak.Pergerakan udara itu disebabkan oleh perbedaan suhu. Perbedaan suhu di sebabkan oleh perbedaan daya serap panas di permukaan bumi. Jadi, selama matahari masih memancarkan sinarnya ke bumi dan bumi terdapat daratan dan lautan, maka akan terjadi perbedaan suhu dan menyebabkan terjadinya angin.
d. energi pasang surut
Adalah bentuk energi alami yang terdapat di bumi yang tidak bersumber dari cahaya matahari. Energi pasang surut itu bersumber dari tenaga  yang ditimbulkan oleh gaya tarik anatara bumi dengan bulan. Daerah pasang surut yaitu di daerah pantai,di pasang dam / bendungan.
e. energi biogas
Biogas adalah gas yang dihasilkan oleh bakteri pengurai melalui proses pembusukan / penguraian dari sisa sisa jasad  hidup misalnya sampah pertanian.
f. energi biomassa
Adalah segala jasad hidup yang dalam kaitannya dengan pengganti,biomassa yang dapat digunakan ialah yang berupa sampahsampah organic misalnya sisa-sisa produksi pertanian.
g. energi zat radioaktif
Zat radioaktif dapat memancarkan sinar (alpha) yang bermuatan listrik positif, sinar B (beta) yang bermuatan listrik negative, dan sinar J (gamma) yang tidak bermuatan listrik.

2. Jentera Genetika
Bidang Biologi di kalangan masyarakat ilmiah sejak beberapa tahun yang lalu ramai  dibicarakan tentang Jentera Genetika yang dimungkinkan dengan ditemukanya “recombinant DNA”.
Umumnya di akui dalam bidang biologi adanya 3 azaz pokok yaitu :
a. Teori evaluasi bersarkan seleksi alam
b. Teori yang mengajarkan bahwa semua organisme di bangun atas sel-sel
c. Teori khromosom dari kebakaan yaitu bahwa fungsi khromosom adalah pengendali kebakaan.
3. perluasan ruang hidup dan perluasan informatika
a. Model
- Realisme, menyangkut seberapa jauh model matematik itu bila diterjemahkan ke dalam kata-kata benar-benar dengan konsep yang diwakilinya.
- Ketepatan, yakni kemampuan model itu meramaikan perubahanperubahan yang bakal  Terjadi
- generalitas,yakni seberapa jauh model itu dapat di gunakan dalam situasi yang berbeda.
b. Kriteria dalah persyaratan yang  menggambarkan tujuan atau sasaran dalam pengambilan  keputusan. Contoh : untuk membuat disain pesawat dipilih daya angkutnya yang  besar, kecepatan yang tinggi  atau aksi radiusnya yang besar.
c. Kendala / pembatasan dalah factor-faktor yang harus di perhitungkan dalam disain atau  pengambilan keputusan.
d. Optimasi Adalah mencari solusi yang terbaik, bila masalah tersebut telah dirumuskan  dalam bentuk model dengan memperhatikan sasaran dan memperhitungkan kendala.

4. Upaya manusia untuk mendapatkan sumber hidup baru
a) Bahan-bahan polimer, adalah rantai molekul yang panjang dapat diperoleh dari molekul-molekul yang pendek dengan suatu proses polimerisasi.
b) Bahan-bahan campuran,adalah bahan-bahan yang memiliki sifat-sifat metal dan diberi sekurang-kurangnya dua elemen.
c) Bahan-bahan listrik dan magnit, adalah suatu bahan yang mempunyai tahanan besar  pada  emperature rendah sedangkan pada temperature tinggi ia dapat menghantar arus.

5. Upaya manusia mencari data data di luar bumi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya
a. Cara menaikannya
1. Roket di tembakan terlebih dahulu dengan mempergunakan bahan bakar oksigen  yang cair dan bensin
2. Segera setelah bahan bakar roket pertama habis dan akan terlepas maka roket kedua mulai menyala.
3. Pancar-pancar gas yang ada pada tubuh roket pada bagian yang ketiga akan   
memberikan suatu gerakan pada putaran padanya.
b. Bentuk-bentuk lintasan satelit buatan diruang angkasa.
Yang dimaksud dengan ruang angkasa adalah dimana tempat ruang udara dari pada atmosfer bumi berakhir. Makin jauh kita ke atas dari permukaan bumi, udaranya makin tipis.
c. Situasi yang akan saudara  alami apabila mengarungi ruang angkasa dengan mempergunakan satelit buatan.
d. Manfaat satelit buatan
Dapat  melihat bumi seperti tampak dari suatu jarak yang dapat melihat ke angkasa raya seolah olah kita sendiri berada disana.


BAB III
PENUTUP


3.1        Kesimpulan
Teknologi adalah suatu penerapan ilmu untuk memenuhi kebutuhan manusia.Teknologi dan metode ilmiah sangat berperan dalam kehidupan manusia walaupun ada pula Dampak-Dampak,baik yang negatif maupun yang Positif.
Menggunakan teknologi sangatlah tergantung pada niat manusia itu sendiri sebab disamping sangat menguntungkan dan mempermudah kegiatan manusia teknologi juga dapat merupakan malapetaka bila deigunakan untuk maksud yang tidak baik.

3.2.      Saran
            Sebaiknya kita sebagai manusia harus lebih mengerti lagi tentang manfaat Teknologi dan berbagai peranan penting genetika dalam kehidupan sehari-hari. Janganlah kita menggunakan Teknologi secara tidak bermanfaat karna akan mengganggu keseimbangan ekosistem.



Daftar Pustaka

     Pratiwi, Indriani. 2012. Sumber Daya Energi Konvensional. (Online).      (http://indrianipratiwi.wordpress.com/2012/02/04/sumber-daya-energi-konvensional/diakses tanggal 29 September 2012).
     Pratiwi, Indriani. 2012. Sumber Daya Energi Non Konvensional. (Online). (http://indrianipratiwi.wordpress.com/2012/02/04/sumber-daya-energi-non-konvensional/ diakses tanggal 29 September 2012).


0 komentar:

Post a Comment

Ads Inside Post